Your Everyday Discoveries: Tur ke Kantor Facebook Singapore

IMG-20150124-WA0010

Beberapa waktu lalu saya mengikuti kegiatan Your Everyday Discoveries yang diadakan oleh Telkomsel. Campaignnya menarik banget, intinya Telkomsel mengajak semua orang untuk saling berbagi inspirasi temuan-temuan di berbagai bidang seperti  teknologi, musik, movie, art,  sport, fashion, travel, dan food.

Kebetulan hasil temuan saya mengenai bagaimana menulis catatan tangan menggunakan tablet dianggap menarik oleh juri dan memberi inspirasi sebagian besar voters sehingga saya dipilih menjadi pemenang kategori tekno dan berkesempatan ke kantor Facebook di Singapore. Informasi beberapa pemenang kategori lainnya bisa dilihat disini. Berikut cerita perjalanan seru saya selama di Singapore dan tentunya di kantor Facebook.

Day 1 – Perjalanan ke Singapore

Pagi hari sebelum berangkat saya mencoba mengaktifkan paket data unlimited roaming dari Halo supaya bisa bebas akses internet dan juga dapat dihubungi selama di Singapore. Prosesnya sangat cepat dan langsung aktif dalam waktu kurang dari 24 jam dengan total biaya paket data unlimited roaming Asia selama tiga hari sebesar Rp 250rb. Ketika tiba di Singapore dan menyalakan handphone, jaringan langsung terhubung dengan Singtel dan paket data sudah langsung bisa digunakan, praktis banget.

Perjalanan ke Singapore berlangsung dengan lancar dan ditempuh dalam waktu 1 jam-an menggunakan pesawat Garuda. Setiap ke Singapore, saya selalu kagum dengan keteraturan dan kerapihan yang ada di negara ini dan transportasi yang nyaman mulai dari Skytrain di sekitar bandara dan MRT. Baru di bandaranya saja banyak banget hal menarik yang dijumpai disini, mulai dari berbagai jenis tempat makan yang lengkap sampai tempat hiburan seperti taman yang tematik, tempat maen game xbox, playstation, studio buat nonton film, dan tempat bermain khusus anak-anak.

Karena sudah malam dan bawaan yang cukup banyak, saya dan teman-teman dari Telkomsel memutuskan menggunakan taksi. Tarif taksi di Singapore jauh lebih mahal dibanding Jakarta padahal perjalanan dari Changi Airport ke Sovereign Hotel tidak terlalu jauh sekitar 30 menit. Setelah sampai di Hotel, kami menyantap makan malam di street restoran dekat hotel, untungnya cukup banyak pilihan makanan halal. Sebelum kembali ke hotel, kami mampir dulu ke stasiun MRT di little indian untuk  membeli kartu Ezlink MRT supaya kita tidak perlu lagi repot harus membeli tiket setiap ingin menggunakan MRT, saldo awal sekitar $SGD 7 sudah lebih dari cukup untuk 1 hari dan jika saldonya habis tinggal topup saja di mesin MRT.

Day 2 – Tur ke Kantor Facebook

Tidak lama setelah menikmati breakfast di hotel kami langsung berangkat menggunakan MRT menuju ke kantor facebook yang berlokasi di Millenia Tower. Setelah perjalanan yang cukup jauh dengan bantuan Google Maps, akhirnya kami berhasil sampai di Millenia Tower, tapi…. ternyata kami dikasitau kalau kantor Facebook sudah pindah! menurut resepsionis, lokasi kantor yang baru berada di Cecil Street. Karena lokasi yang lumayan jauh dan waktu yang mepet akhirnya kami memutuskan menggunakan taksi.

Akhirnya kami tiba di Cecil Street dan terlihat dari jalan raya papan facebook di depan gedung. Kantor facebook terdiri dari empat lantai, uniknya kita harus datang dari lantai atas dulu (lantai 14) lalu turun terus ke bawah, jadi setiap visitor yang ingin masuk harus melalui resepsionis yang berada di lantai 14. Saya suka sekali mural yang ada di lobi depan. Berbeda dengan kantor-kantor pada umumnya dimana kita harus kasih KTP dan mendapat ID card visitor, di Facebook setiap visitor harus mengisi di tablet yang tersedia di meja resepsionis seperti nama lengkap, email, kantor kita, nama orang facebook yang mau ditemui, lalu terakhir harus tanda tangan semacam confidential agreement yang saya tidak baca juga dengan detil 🙂 Setelah itu resepsionis memberikan sticker yang sudah ada nama kita yang harus ditempelkan di baju sebagai tanda.

IMAG0068

Setelah lobby, saya melewati pantry dengan dekorasi yang colorful serta makanan dan minuman yang sangat lengkap, semuanya bisa dinikmati oleh karyawan Facebook dengan gratis! Yang menarik di depan pantry ada outdoor spot (disebutnya cardio) yang sering digunakan untuk alternatif meeting outdoor, santai-santai, atau small party. Saya kebayang kalau lagi stress dengan kerjaan, tempat ini pasti jadi tempat pelarian yang pas untuk cari inspirasi.

IMAG0074_1

IMAG0077

Karyawan di facebook singapore ternyata cukup banyak, ada sekitar 200 orang dari berbagai divisi mulai dari sales, marketing, partnership, product support, sampai HRD. Katanya mereka juga masih mencari banyak orang karena bisnis facebook berkembang pesat. Kultur kerja merupakan hal yang sangat penting di Facebook, karena dirasa sangat penting, setiap karyawan diharuskan mengikuti induction mengenai kultur facebook yang bersifat open sebelum mulai kerja, itulah alasannya walaupun Facebook diisi oleh orang dari berbagai negara dan suku, tapi tetap kompak dan kreatif. Ada salah satu tradisi yang menarik setiap karyawan yang merayakan anniversary kerja di Facebook, misalnya ketika sudah 1 tahun maka di meja akan ada 1 balon, lalu kalau merayakan tahun ketiga maka ada 3 balon di atas meja.

Hal menarik lain yang saya jumpai disini adalah vending machine berisi peralatan elektronik, ada keyboard, battery, case iphone, charger, dll. Karyawan facebook yang membutuhkan hanya perlu tap ID cardnya lalu barang yang dipilih bisa langsung keluar. Saya sempat menanyakan bagaimana cara supaya fasilitas tsb tidak di abuse oleh karyawan, intinya setiap barang yang diambil dari vending akan tercatat dan masing-masing divisi mempunyai budget untuk control, selama masih normal maka setiap karyawan bebas mengambil barang yang ada dalam vending tsb.

IMAG0079

Di kantor Facebook juga banyak sekali ruangan meeting yang katanya selalu penuh bahkan dirasa kurang oleh karyawan. Saya suka cara Facebook mengatur ruang meeting supaya tidak rebutan. Di depan ruangan ada layar kecil yang berisi informasi siapa dan kapan ruangan tersebut digunakan, lalu karyawan juga bisa booking langsung jika ada waktu yang kosong.

Lalu terakhir di lantai paling bawah terdapat Wall of Facebook yang sudah berisi berbagai tulisan dan tanda tangan orang yang pernah mengunjungi kantor Facebook. Sayapun diberi kesempatan untuk menulis pesan dan tanda tangan di wall facebook yang juga menjadi agenda terakhir kami di kantor Facebook.

IMAG0087_1

Day 3 – Belanja Gadget

Hari terakhir di Singapore, tidak banyak yang bisa dilakukan karena jadwal pesawat siang, jadi agenda utama saya di hari ini adalah mencari oleh-oleh coklat dan gadget yang tidak dijual di Jakarta. Akhirnya saya menemukan dua barang utama yang selama ini saya cari, yaitu keyboard bluetooth Logitech K480, keunggulan keyboard ini bisa terhubung ke tiga gadget sekaligus dan disertai docking untuk meletakkan gadget seperti ipad dan iphone. Keyboard ini sangat cocok buat saya yang menggunakan external keyboard untuk mengetik blog di ipad.

Lalu gadget lain yang saya beli adalah Sphero 2.0, robot pintar berbentuk bola yang bisa dikendalikan menggunakan handphone atau tablet iOS maupun android. Tersedia juga banyak pilihan game yang memanfaatkan Sphero sebagai objek. Uniknya Sphero juga bisa diprogram seperti robot untuk melakukan hal tertentu misalnya berputar, rolling, loncat, dsb. Review Sphero dan K480 nanti menyusul ya.

IMAG0147

Begitulah kira-kira perjalanan seru saya selama di Singapore, terakhir saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel dan seluruh pihak yang sudah memberikan kesempatan menarik ini. Mudah2an Telkomsel terus melakukan campaign2 yang inspiratif dan edukatif! Sukses #YourEverydayDiscoveries!

[Update]

Sekarang telkomsel sedang melakukan campaign lanjut dari #YourEverydayDiscoveries, namanya #GoDiscover. Link selengkapnya bisa diliat disini.

[Disclaimer]

Beberapa foto kantor facebook di atas juga berasal dari beberapa sumber yang saya temukan di internet untuk memberikan gambaran lebih jelas kantornya, berikut adalah beberapa sumber referensinya,

3 comments

1. Nice office ya
    my boyfriend works there as an executive. the office very very unique and comfortable. Facebook follow American culture in singapore
    anda beruntung ya bisa mengunjungi facebook singapore 😀
    saya suka blog anda :))

2. Hi ficka, iya bagus, bbrp minggu lalu baru juga ke google office, to be honest lebih bagus sih 🙂
    Wah kamu bisa juga dong minta ajakin pacar kamu maen ke kantor fb.

3. Hi Dhiku,
    Dulu alumni Labs bukan?
    Itu kntr facebook ada bagian customer service buat nanganin keluhan pelanggan ga? Trs hr sabtu kntrnya buka ga?