Tips Menulis Tangan (Handwriting) di iPad atau Android

Sejak awal kerja, saya punya kebiasaan membawa buku catatan kecil ketika meeting. Saya merasa bisa lebih cepat memahami masalah yang dibicarakan dengan menulis atau coret-coret diagram di kertas dan juga untuk memastikan tidak ada hal yang kelupaan setelah meeting. Tapi repotnya, catatan-catatan tsb seringkali jadi susah dicari ketika dibutuhkan, tidak bisa diproteksi jika ada data confidential, harus diketik ulang jika perlu, atau bahkan bisa hilang begitu saja.

Sekarang ini sudah banyak solusi yang memungkinkan kita bisa menulis di layar tablet dengan feel yang sama seperti menulis di kertas, lalu tulisan itu bisa langsung dikonversi ke teks dan seluruh tulisan yang sudah dibuat bisa dikelola dengan rapi. Setelah browsing dan tanya-tanya di beberapa forum berikut beberapa solusinya.

Livescribe Smartpen 3

 

Livescribe Smartpen 3 memungkinkan untuk menulis seperti biasa, dengan menggunakan pena di atas kertas. Namun syaratnya harus menggunakan pena Livescribe Smartpen dan kertas khusus. Smartpen ini pas banget kalau di kantor tidak boleh membawa tablet ketika meeting. Cara kerjanya, smartpen harus disambungkan via bluetooth atau USB supaya secara otomatis seluruh catatan akan tersimpan juga di handphone atau tablet. Catatan ini nantinya bisa di organize dengan tag dan folder untuk memudahkan pencarian. Namun dengan harga yang cukup mahal, sekitar 2 juta, ditambah harus menggunakan kertas khusus, lalu resiko kalau penanya jatuh dan rusak, maka untuk sementara saya tidak memilih solusi ini.

Samsung Galaxy Note Tablet dengan S Pen

Samsung Galaxy Note dengan berbagai macam ukuran layar dan fitur S Pen tentu sudah tidak asing lagi, kelebihan utamanya ada pada integrasi yang kuat antara stylus, tablet dan aplikasinya yaitu S Note. Fitur yang wajib dimiliki supaya bisa menulis di layar dengan nyaman adalah palm recognition, biasanya ketika kita menulis di tablet, posisi telapak tangan akan sering menyentuh layar. Layar Samsung Galaxy Note ini bisa mendeteksi input dengan akurat hanya jika ujung stylus S Pen mendekati layar, sehingga menghindari coretan kecil yang tidak disengaja yang disebabkan oleh telapak tangan.

Untuk kebutuhan menulis (baik dengan tangan maupun keyboard) Samsung Galaxy Note sudah lebih dari cukup, bahkan bisa dibilang yang terbaik di kelasnya. Namun saya membutuhkan tablet yang juga bisa digunakan untuk mengolah dokumen Microsoft Office. Sebetulnya ada banyak aplikasi third party Office di Play Store, tapi tidak ada yang bisa mempertahankan format yang sama persis dengan Microsoft Office dan kebanyakan fiturnya juga tidak lengkap. Selain itu saya juga butuh tablet yang punya ekosistem aplikasi tablet yang lebih banyak dan berkualitas.

Tablet Android dengan aplikasi Stylus Beta

 

Alternatif lain selain Samsung Galaxy Note adalah tablet Android jenis apapun, ditambah stylus dan aplikasi menulis (handwriting). Sayangnya dari beberapa aplikasi handwriting yang saya coba, tidak ada yang bisa memberikan fitur palm rejection sehingga ketika menulis sering tidak sengaja tercoret oleh telapak tangan dan tersentuh menu lain.

Akhirnya saya menemukan aplikasi Myscript Stylus Beta, aplikasi ini akan menggantikan metode input yang biasanya dalam bentuk
layout keyboard menjadi textbox yang bisa ditulis dengan stylus sehingga bisa digunakan di aplikasi manapun. Ketika menulis satu kata di lokasi tsb, aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi tulisan tangan dan merubahnya menjadi teks yang bisa di edit (copy/paste). Hebatnya lagi, aplikasi ini mampu mendeteksi beberapa jenis bahasa termasuk Indonesia dengan tingkat akurasi tinggi, bisa dibilang 99%. Kekurangannya adalah kecepatan menulis tidak bisa secepat menulis di atas kertas karena butuh waktu sepersekian detik untuk mengkonversi tulisan tangan menjadi teks. Selain itu, posisi menulis harus di atas meja karena letak textbox ada di bagian bawah layar, jadi posisi telapak tangan juga harus di atas meja.

Tablet iPad dengan aplikasi Notes Plus

 

iPad mempunyai ekosistem aplikasi dan games khusus tablet yang lebih matang daripada platform lain, apalagi bulan lalu Microsoft baru saja merilis aplikasi Office for iPad dengan fitur yang lengkap dan banyak dipuji di berbagai website. Aplikasi handwriting di iPad juga banyak tersedia dengan kualitas yang sangat baik dan rata-rata sudah dilengkapi fitur palm recognition. Saya sudah mencoba beberapa aplikasi seperti Noteshelf, Notes Mobile, PenUltimate, UPad, Bamboo Paper, dan Notes Plus. Dari seluruh aplikasi tsb saya sangat menyarankan Notes Plus karena memiliki fitur-fitur sebagai berikut,

  • Close-up writing yang membuat menulis menjadi nyaman dan juga kecepatan menulisnya bisa sama seperti menulis di kertas
  • Mendeteksi tulisan tangan menjadi teks sehingga bisa di edit dan searchable
  • Struktur folder untuk membuat catatan menjadi lebih rapi
  • Protect file dengan password
  • Merekam suara dengan satu tombol
  • Halaman yang bisa di atur dengan sangat lengkap mulai dari background sampai ketinggian tiap baris
  • Automatic sync ke dropbox untuk backup

Aplikasi yang bagus juga harus didukung dengan stylus yang nyaman dipegang, ada beberapa jenis stylus yang saya coba mulai dari yang merk tidak jelas, lalu merk Adonit Jot Pro, dan terakhir yang saya rekomendasikan adalah stylus Wacom Bamboo Pen. Mungkin di lain kesempatan saya akan bahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing stylus tersebut. Intinya, stylus pilihan saya harus nyaman dipegang supaya tidak cepat pegal, responsif di layar, dan ada clip supaya tidak mudah hilang.

Penggunaan sehari-hari

Saat ini saya sudah merasa puas menulis dengan kombinasi iPad Mini Retina, aplikasi Notes Plus dan stylus Wacom Bamboo.
Saya memilih iPad Mini Retina karena ukuran yang kecil membuat sangat praktis dibawa kemana-mana dan masih nyaman untuk dipakai menulis di berbagai kondisi karena telapak tangan kita masih bisa menempel di layar untuk sandaran.

Ketika tulisan ini dibuat, saya sudah tidak pernah lagi membawa buku catatan dan sudah terbiasa mencatat di iPad selama dua bulan rakhir. Less paper, go green, go digital 🙂

Supaya lebih jelas mengenai bagaimana penggunaannya selama sehari-hari, silahkan lihat gambar dan video di bawah ini,

 

17 comments

  1. Mantab bro, ane terbiasa pake Samsul G Note 10.1 buat catat kerjaan dan kuliahan serta jurnal pribadi, sempet coba Note 8 tapi battery life nya … ampun dj. Sekarang lagi pegang ipad mini non retina, bingung cari apps nya sama stylus nya yg cocok … untung ada artikel ini …boleh lah dicoba-coba dl

  2. Mas mau tanya
    Stylus itu bisa dipake untuk semua smartphone gak sih, saya pake evercoss A26C.
    apakah bisa saya beli stylus di toko Hp dan bisa dipake di HP saya

    mohon pencerahan maklum newbie android

  3. Mau nanya apakah samsung galaxy tab S 8.4 bisa juga menggunakan stylus, karena saya sdh menciba dengan stylus galaxy note 10.1 tapi tidak berfungsi, mohon info selanjutanya.. Terima Kasih.

  4. Salam,
    bagus reviewnya. Coba share pengalaman, ya. Saya pakai Samsung Galaxy Note 10.1 edisi 2014. So, pakai S Pen. Setau saya, kalo serie Tab S, engga bisa pakai S Pen atau Stylus. Yang bisa, pakai third party, C Pen…yup C Pen. Karena, sensor Note dengan Tab, beda. Nah, mungkin…ada yang punya pengalaman lain, merk C Pen yang cocok or kompatible dengan Tab S, apa ya???
    S Pen, runcing. C Pen, bulat ujungnya.

    1. Betul kalau Galaxy Note sudah integrated dengan hardwarenya jadi bisa pakai yang S Pen yang runcing ujungnya. Kalau yang seri Tab S sebenarnya sama dengan screen tablet pada umumnya (selain Galaxy Note series) jadi harus pakai stylus yg biasa ujungnya bulat. Saya tetap lebih suka pakai walcom bamboo soalnya nyaman pas digunakan.

  5. Mohon info : Saya butuh menulis dan merekam penjelasan apa yang saya tulis sekaligus, untuk pada saatnya saya tayangkan ulang di layar. Perangkat apa yang dibutuhkan? Trims

  6. Mohon infonya, saya pake Ipad Mini 4, apakah bisa conect kalo saya pake adonit jot dash,….untuk menulis? dan aplikasi apa yang cocok bisa pairing dengan adonit jot dash ke Ipad mini 4? tks

    1. pake stylus biasa seharusnya bisa, supaya nulisnya smooth jangan dipasang screen protector yang biasa, minimal harus tempered glass.

  7. Pak, mohon bantuan, kalo sekarang ini, pilihan smartphone yang Anda rekomendasikan apaya? Apa tetap masih pakai Walcom Bamboo. Ini lagi cari-cari juga. Biar bisa nulis dan merencanakan segala sesuatu dengan cepat.

  8. Pak, saya mau tanya stylus wacom bamboo yang digunakan bersama iPad mininya. Stylus tersebut support palm rejection nggak ya? Sebenarnya saya lebih suka iPad, tapi kepikiran beli Samsung Galaxy Tab yang ada S Pennya karena sangat butuh stylus yg bisa palm rejection supaya menulisnya lebih natural.

  9. Mas mau menanyakan bilamana staylus note 2 rusak trus diganti dgn staylus universal biasa yg beli di axesories bisa apa tDk bermasalah begitu mohon infonya

Leave a Reply