The Most Requested Skill

Beberapa hari yang lalu saya sempat berbincang dengan dua sahabat saya dari kecil. Kita selalu berdiskusi untuk saling membangun dan memberikan pengalaman masing-masing yang bermanfaat.

Sampai suatu ketika saya menanyakan,

“Kira-kira kalo disuru memilih, sebutkan 3 (tiga) skill atau kemampuan yang ingin sekali dimiliki sekarang?”

Perhatian, jika teman2 memiliki hampir dr semua skill dibawah ini, maka menurut saya teman2 memiliki nilai yang diperlukan seorang pemimpin sejati dan entrepreneur (iya ga seh??)

1. Fokus dan konsentrasi dalam melaksanakan suatu hal.

Cth kecil: ketika sedang kuliah, pikiran suka melayang kemana2 (hayo ngaku yang pernah). Hal ini menjadi lebih fatal ketika kita sedang bekerja

2. Adaptif terhadap segala situasi dan kondisi

Saya ingat, Charles Darwin pernah berkata “Bukan yang terkuat yang akan bertahan, namun yang paling adaptif”. Spesies2 yang terus dapat bertahan hidup adalah yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

3. Menjadi lebih semangat dan bergairah dalam melaksanakan sesuatu

Sering sekali diri kita menjadi malas atau kehilangan semangat dalam melakukan sesuatu, mudah putus asa. Sesuatu yang dilakukan dengan semangat maka hasilnya akan luar biasa.

4. Memiliki teknik presentasi dan komunikasi yg baik

Saya selalu kagum dengan orang2 yang mampu memberikan presentasi atau penyampaian yang baik, membuat semua org mendengarkan tanpa merasakan jenuh, memahami apa yang disampaikan serta humor yang seimbang. Banyak orang pintar yang tidak bisa menjelaskan ilmunya kepada org lain, artinya kejeniusannya tidak akan bermanfaat bagi orang lain

5. Memiliki keahlian dalam negosiasi (Negosiator)

Negosiasi merupakan suatu proses untuk mencapai kesepakatan atas dua atau lebih pihak. Negosiator yag handal tentu mampu membuat pihak lain mengikuti keinginannya.

6. Cepat dan tegas dalam mengambil keputusan

Bagaimana bila kita dihadapkan terhadap pilihan yang real-time, dimana kita benar2 harus memilih salah satu dari pilihan2 tsb. Kita dituntut untuk bisa cepat dan tegas dalam memilih keputusan yg tepat.

7. Mempunyai kharisma dan wibawa tersendiri

Ketika seseorang mempunyai kharisma maka pasti akan disegani dan dihormati. Kharisma dan wibawa tidak bisa dipelajari, namun akan terbentuk seiring waktu dan pengalaman yang kita dapat.

Kira2 ada temen2 yang ingin menambahkan??

2 comments

  1. Gw blum bisa menilai diri gw sendiri dengan baik ๐Ÿ™ Ada yang mau kasi saran atau masukan ke gw?

    Yah berusaha yang terbaik aja ๐Ÿ™‚

Leave a Reply