Ruby on Rails VS .NET + Java + PHP + ColdFusion + Django

Posting ginian biasanya bakalan bikin flamewar, cuma mau share apa kata Rails tentang semua languange. Silahkan dinikmati videonya (YouTube) di sini . Asli lucu2 banget πŸ™‚

Sedikit percakapan antar

  • Rails dan PHP, kata si Rails, PHP berantakan (sampe ditunjukkin bajunya semrawut dengan benang kusut dan si Rails rapi), trus juga dibuat lelucon kalo cakePHP selalu ngekor Rails yang saking ngefansnya akhirnya si CakePHP bawa2 buku Rails dan minta di tanda tangani sama si Rails. Kocak!
  • Rails dan Java, Java terlalu banyak jar untuk bikin aplikasi (sambil ditunjukin si Java punya banyak jar (guci) didepannya dan Rails tidak perlu guci sama sekali)
  • Dan lain2 yang menarik untuk dilihat


So far saya belum pernah nyobain Rails, soalnya kerjaan selama ini pake Java atau PHP (emang bisanya itu doank :)). So saya belum bisa komentar feature by feature antara seluruh language. Tapi ini ada link yang menarik yang membahas matrix comparison antar programming languange. Kalo saya masih berpendapat bahwa, right tools for the right job, mana yang cocok untuk kasus dan permasalahan yang kita punya ya itu yang kita gunakan. Atau malah apapun masalahnya pake aja apa yang kita bisa πŸ™‚ yang penting Get Things Done!

Ada yang mau kasih pendapat?

10 comments

  1. yeah, fans RoR emang tengil ! he3.. Btw, ada artikel lucu, mungkin pernah baca, judulnya “How to kill a dragon with various programming languages”

    http://blogs.sun.com/roumen/entry/how_to_kill_a_dragon

    Disitu ditulis :

    Ruby – Arrives with massive fame, saying he is the best at anything and when he faces the dragon, he shows a lame motion picture of himself killing a dragon… The dragon eats him out of boredom.

  2. Ei dik, once more :
    gw baru cekakan pas liat yg Ruby on Rails vs Java — ad #1 of 4
    Pas java ditanya : “Hey, what’s that java ?”
    java said : “No..,just standar jar,its mine !” (dgn nada agak khawatir).
    itu jar apaan dhik yg warna merah ? :D,
    kan yg disebutin di depan : tapestry, hibernate, java beans, spring.

  3. mmm.., tapi emang bener sih, bahasanya lebih gampang ruby dr pada php. But keep a look on the net, that there is another framework better than ROR, Django from python will eat Ruby On Rails:))))

  4. Setuju sekali soal GTD (Get Things Done!).
    Hanya masalahnya untuk satu pekerjaan, kita bisa GTD dengan kurang lebih sama usahanya menggunakan beberapa bahasa yang kurang lebih sekelas. Seperti pada pekerjaan web framework, sebetulnya baik Ruby, Python, Perl, maupun PHP secara bahasa menurut saya sekelas, bedanya PHP sudah senior di sana sehingga sampai sekarang masih tetap menjadi Raja. Sementara Perl sudah uzur sehingga sudah saatnya pensiun, sementara Python sedang menanjak karirnya dan Ruby baru lulus Cum-Laude. Jadi sebetulnya kita mesti memilih salah satu dari empat dynamic language ini, mana yang kita jadikan andalan. Groovy sebetulnya masuk di kelas ini juga. Di kelas ini saya pribadi memilih Python.

    Sementara C / C++ / ObjC mestinya diperbandingkan dengan Pascal / ObjectPascal, Basic, Ada, COBOL, FORTRAN, dan sejenisnya. Di kelas ini, kantor saya menggunakan Ada, saya sendiri mungkin memilih ObjC.

    Sementara Java menurut saya berada di kelas yang sama dengan C#. Di kelas ini sepertinya saya memilih Java.

    Tentang Python Web Framework versus RoR
    Saya kira yang akan menjadi RoR killer bukan Django, tapi framework baru hasil merger dari Pylons (www.pylonshq.com) + TurboGears (www.turbogears.org). Filosofi Pylons maupun TG adalah menjadi pelekat komponen – komponen yang sudah ada dan relatif mature menjadi suatu web framework yang utuh, seperti controller pakai CherryPy, template pakai Genshi, AJAX library pakai MochiKit, ORM pakai SQLAlchemy, widgets pakai ToscaWidgets. Dan setiap komponen bisa diganti, seperti Genshi diganti Mako.
    Sementara Django terkena penyakit NIH (Not Invented Here), sehingga nyaris membangun sendiri semua komponennya.
    Design Pylons sangat mirip dengan RoR, dan meskipun Pylons sendiri baru, tapi karena komponen yang digunakan sudah mature, tidak perlu makan waktu lama untuk populer.

Leave a Reply