Review NexDrive, TV Mobil buat Teman Macet di Jalan

gift box + remote + set-to-box

Sebagai warga Jakarta, kemacetan sudah menjadi hal yang umum. Perjalanan dari rumah ke kantor ditempuh dalam waktu lebih dari satu jam sudah biasa dijalankan sebagian besar yang kerja di Jakarta. Radio, social media seperti facebook, twitter, atau video streaming youtube, vidio sudah menjadi teman setia untuk menghabiskan waktu di jalan dengan gratis. Selain itu ada juga layanan berbayar seperti Netflix atau layanan tambahan on the go yang disediakan Pay TV seperti FirstMedia atau Indovision. Layanan video streaming membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit apalagi bila macet yang berjam-jam, tontonan juga sering terputus atau buffer ketika koneksi internetnya tidak stabil.

Kini, warga Jakarta dan sekitarnya punya alternatif hiburan baru untuk menikmati beragam tayangan eksklusif dengan kualitas gambar yang jernih, tayangan yang stabil tidak putus-putus dan tidak perlu khawatir kehabisan kuota internet yaitu, NexDrive dari Nexmedia. Teknologi yang digunakan adalah DVB T2 dengan signal digital, teknologi yang juga digunakan oleh Nexmedia yang selama ini dikenal dengan kelebihannya bisa di pindah kemana aja dan pemasangannya yang mudah hanya dengan antena biasa.

Berbeda dengan Nexmedia, Nexdrive membutuhkan STB (Set Top Box) dan antena khusus yang bisa menerima sinyal digital ketika kendaraan bergerak dan menampilkannya ke layar monitor mobil. Dengan teknologi terrestrial ini, tidak ada pengaruh apabila banyak mobil lain yang menggunakan Nexdrive atau dalam keadaan cuaca yang tidak baik. Bahkan pihak Nexdrive mengatakan kualitas gambarnya akan tetap jernih dan stabil selama perjalanan sampai kecepatan 120 km per jam. Di atas kertas Nexdrive ini mempunyai kualitas gambar 1080i dengan resolusi bisa sampai 42″ dan compression MPEG4.

Kebetulan saya sudah mencoba duluan layanan Nexdrive ini selama sebulan. Apakah Nexdrive mampu memberikan hiburan baru buat kita warga Jakarta? Apakah layanannya benar-benar stabil di berbagai kondisi cuaca? Channel apa saja yang disediakan? Dan apakah perlu berlangganan layanan baru dari Nexmedia ini? berikut adalah review saya selama beberapa minggu menggunakan NexDrive.

Instalasi dan teknologi yang digunakan

Perlu diingat bahwa paket penjualan Nexdrive hanya berupa STB, smart card, antenna dan remote, jadi layar monitor mobil harus dibeli terpisah. Untuk instalasi, Nexmedia melakukan kerjasama dengan beberapa studio mobil di sekitar Jakarta. Studio tersebut juga biasanya menjual beberapa jenis monitor yang bisa digunakan jika mobil kamu belum ada monitornya. Untuk penumpang di belakang, ada beberapa jenis monitor yang bisa jadi pilihan, monitor headrest (namun biasanya ukuran layar kecil) atau di mount di atas plafon (ukuran layar cukup besar, bisa buat banyak penumpang tapi instalasinya cukup ribet dan biasanya harus bongkar mobil), atau jenis lain yang bentuknya clip yang ditempel di headrest. Berikut ini beberapa contoh dan harga monitor untuk mobil yang diambil dari website Nexdrive,

headrest-unit

Monitor jenis clip on menjadi pilihan saya karena ukurannya bisa cukup besar sekitar 10″ dan biasanya memiliki unit DVD sendiri. Total harganya tidak sampai 2 juta rupiah. Saya pasang di studio mobil Koko Ayung yang terletak di ITC Fatmawati dan hasil pemasangannya rapih, STB diletakkan di bawah kursi penumpang depan, sensor receiver remote control diletakkan di depan, cabling rapih, dan untuk audio dari STB juga bisa langsung disambungkan audio utama mobil. Untuk lokasi dealer resmi Nexdrive bisa dilihat di laman resmi Nexdrive di sini.

Screen Shot 2016-05-15 at 6.34.53 PM

 

Pilihan channel dan kualitas gambar

Nexdrive menyediakan banyak channel yang berkualitas, ada sekitar 26 channel internasional dan 14 channel lokal. Buat yang suka film drama, tv serial barat ada AXN, StarWorld, FoxCrime, Fox, dan Fox Movies Premium. Atau tayangan serial asia atau korea seperti Gem S, Celestial dan KBS World.

Adapula beragam pilihan tontonan untuk anak-anak seperti Disney Channel, Disney Junior, Nickelodeon, Cartoon Network. Dan juga tayangan yang mendidik seperti Discovery, National Geographic, dan Animal Planet.

Pencinta olah raga juga bisa dipuaskan dengan adanya channel Bein 1, 2, 3, Fox Sports 1 dan 2, dan Fight Sports. Atau buat yang tidak mau ketinggalan berita dalam dan luar negeri ada CNN, MetroTV dan TVOne. Dan tentunya tayangan TV lokal seperti SCTV, Indosiar, Ochannel, RCTI, Antv, Global TV, TransTV, Trans7, TVRI.

Untuk urusan gambar dan suara, pada kondisi dengan sinyal yang bagus, kualitas gambarnya sangat jernih di ukuran layar 10″. Tulisan-tulisan di channel CNN juga masih bisa terbaca dengan baik. Menurut spesifikasi, resolusi Nexdrive adalah 1080i jadi seharusnya tidak menemui masalah jika dipasang di monitor dengan ukuran yang lebih besar. 

Hasil pengujian di Jakarta dan sekitarnya

Kualitas gambar dan suara yang bagus tentunya tidak sempurna jika tayangannya tidak stabil. Setelah melakukan pengujian di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, ternyata untuk area di bawah ini hasilnya stabil. Dibandingkan TV mobil lainnya atau nonton streaming di Internet, kualitaa dan stabilnya Nexdrive ini tidak bisa dibandingkan, karena cukup stabil bahkan di kecepatan yang tinggi.

  • Jakarta Selatan: Daerah sekitar Pondok Indah, Lebak Bulus, Bintaro dan juga sepanjang perjalanan Tol Pondok Indah ke BSD
  • Jakarta Pusat: Daerah MH Thamrin, Sudirman, Gatot Subroto dan sepanjang ruas tol dalam kota.
  • Jakarta Timur: Daerah Taman Mini dan Pondok Gede
  • Jakarta Utara: Daerah Tanjung Priuk dan sekitar Kelapa Gading
  • Tangerang dan sekitarnya: Daerah BSD, Serpong dan sepanjang jalan tol Kebon Jeruk sampai Alam Sutera.
  • Bekasi dan sekitarnya: Sepanjang jalan tol Bekasi sampai Cibitung

Berikut video tes Nexdrive di jalan tol dengan kecepatan hampir 100 km per jam dan masih lancar,

Hanya ada satu lokasi yang kurang bagus yaitu di sebagian ruas Tol Wiyoto Wiyono dekat daerah Rawamangun. Tapi menurut tim Nexmedia seharusnya masalah itu akan bisa diperbaiki setelah tower baru dibangun (yang katanya sekarang sedang dalam masa pembangunan).

STB Nexdrive juga punya banyak fitur seperti tv berlangganan lainnya, ada radio, epg informasi tayangan yang sedang berlangsung, parental lock, pengaturan audio untuk channel bilingual dan juga pengaturan video.

Harga dan Kesimpulan

Recommended! itu adalah hasil review Nexdrive setelah mencobanya langsung sebulan terakhir. Gambar yang jernih, tayangan yang stabil dan beragam pilihan channel lokal dan internasional yang berkualitas menjadi alasan utama kenapa saya merekomendasikan Nexdrive. Tech reviewer lain, Ario Pratomo, yang lebih sering review gadget dari saya, juga mempunyai pendapat yang sama mengenai Nexdrive. Review-nya bisa dilihat disini.

Namun tentunya ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kepuasan dan kenyamanan yang diberikan oleh Nexdrive, harga STB sebesar Rp 2.800.000 dan biaya berlangganan sebesar Rp 1.750.000  selama satu tahun untuk paket basic dan Rp 3.300.000 untuk semua channel. Ada juga pilihan paket yang lebih murah dengan berlangganan enam bulan. Dengan harga total sekitar 6.1 juta rupiah sekaligus biaya berlangganan selama setahun untuk paket all channel, menurut saya harganya cukup mahal apalagi jika belum mempunyai monitor tv di mobil. Tapi harga yang sepadan dengan kelebihan yang ditawarkan.

Mumpung masih baru launch, saya juga sarankan tidak melewatkan kesempatan harga promo Nexdrive melalui akun Facebook atau Twitter NexDrive. Saat ini ada promo yang sedang berlangsung untuk pemegang kartu kredit BCA di BCA Auto & Expo Show tangga 11 – 17 Mei 2016 dengan harga diskon berlangganan sampai 50%. Dengan harga diskon yang lumayan, saya menyarankan untuk mengambil paket Nexdrive dan segera menikmati hiburan eksklusif di mobil.

Screen Shot 2016-05-15 at 5.59.31 PM

 

Leave a Reply