Review EZCast HDMI Dongle

  • Ingin menampilkan foto dan video yang ada di gadget ke layar TV yang lebih besar?
  • Mau nonton Youtube di layar TV supaya bisa ditonton bareng teman-teman kamu?
  • Gak mau ribet dengan kabel yang harus disambungkan ke gadget untuk menampilkan konten di TV?

EZCast HDMI Dongle, menurut informasi di websitenya bisa mengatasi semua kebutuhan di atas. Sejujurnya pada waktu pertama kali melihat websitenya saya sempat berpikir produk ini “too good to be true” dan sempat skeptis dengan fiturnya yang bisa menampilkan konten secara wireless ke layar TV dari hampir semua jenis gadget seperti Android, iOS, OSX Mac, Windows, dan Windows Phone. Karena rasa penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk membeli produk seharga Rp 350rb ini dengan ekspektasi yang biasa saja.

 

Unboxing EZCast HDMI Dongle

Di dalam box EZCast hanya terdapat EZCast Dongle, kabel external WIFI dan USB. Cara pemasangannya cukup sederhana, pertama sambungkan EZCast dongle ke port HDMI di TV, lalu sambungkan kabel USB ke adaptor listrik (adaptor tidak disediakan di paket penjualan). Kabel USB ini juga bisa disambungkan di port USB yang ada di TV, namun karena arus daya USB di setiap TV berbeda-beda, disarankan untuk menyambungkan USB ke adaptor listrik untuk performa yang lebih stabil.

EZCast HDMI Dongle

 

Langkah selanjutnya adalah setup EZCast di gadget. Pertama kita harus install aplikasi EZCast di Play Store atau App Store atau di websitenya EZCast, kemudian ikuti instruksi yang ada di layar TV untuk menyambungkan EZCast ke Jaringan Wifi di rumah (EZCast juga bisa berfungsi tanpa ada wifi).

Kesimpulannya, setelah beberapa hari mencoba EZCast di Android, iOS dan Windows, ternyata produk ini benar-benar di luar ekspektasi awal dan mampu menjalankan seluruh fitur yang dijanjikan! Bagi yang mau melihat langsung demonya, saya sempat membuat video EZCast di platform Android, iOS, dan Windows.

 

EZCast di Android – Samsung Galaxy S4

Pada platform Android, kita harus membuka aplikasi EZCast terlebih dahulu sebelum menampilkan konten apapun ke TV. EZCast bisa menampilkan seluruh foto, musik, dokumen, video beserta subtitlenya yang ada di local storage. EZCast juga mampu menampilkan dokumen yang ada di cloud seperti dropbox atau video seperti Youtube, Vimeo. Ketika video diputar di layar TV, gadget masih bisa digunakan untuk aktivitas lain seperti cek email atau social media. EZCast di Android juga support screen mirroring untuk menampilkan apa saja yang ada di layar Android ke TV.

 

 

EZCast di iOS 7 – iPad Mini Retina

Pada platform iOS penggunaan EZCast jauh lebih mudah melalui AirPlay sehingga tidak perlu membuka aplikasi EZCast terlebih dahulu. Contohnya, ketika memutar video di aplikasi youtube, tinggal pilih AirPlay EZCast maka video akan langsung muncul di layar TV. Untuk screen mirroring juga bisa dilakukan melalui AirPlay.

 

 

EZCast di Windows 8 – Lenovo Yoga 13

Pada platform Windows 8.1, kita harus membuka aplikasi EZCast terlebih dahulu untuk menjadikan TV sebagai mirror display atau extended display. EZCast di Windows 8.1 juga bisa menampilkan lokal video atau musik ke layar TV dan pada saat yang bersamaan Windows masih bisa digunakan untuk aktivitas lain.

 

EZCast bukan tanpa kekurangan, saya masih mendapatkan beberapa minor bug ketika mengakses aplikasi EZCast di Android, lalu terkadang fitur screen mirroring di iOS tidak stabil dan menimbulkan lag yang cukup lama, kemungkinan karena lokasi router yang cukup jauh dari TV. Namun kabar baiknya tim EZCast cukup aktif dan sering melakukan update baik aplikasi maupun firmwarenya, jadi besar harapan seharusnya dalam beberapa bulan ke depan produk ini menjadi lebih sempurna.

Jika tertarik membeli EZCast HDMI Dongle, kamu bisa membelinya www.ezcastmurah.com. Selamat mencoba!

 

37 comments

  1. Yes, EZcast lebih menarik dan lebih murah dari Chromecast, sayangnya ga support BB10 , overall wajib beli.
    bagi yang baru beli EZcast, jangan lihat manual nya, bahasa inggrisnya mirip pake google translate dari bahasa mandarin :p , makin lihat makin pusing sendiri

  2. Numpang tanya.
    Ketika saya akan mendownload aplikasi EZCast di situsnya, kita diminta utk registrasi dulu. Saya sdh mencoba melakukan registrasi dng memasukkan alamat email dan SSID, tp kok nolak, ya?
    Saya cari info, SSID adalah nama jaringan wifi yg kita pakai. Dan sudah saya masukkan SSID yg benar. Kira2 salah nya dimana ya?
    Terima kasih.

  3. mau tanya min, ane pake xiaomi redmi note, terus pasang ezcast juga pake wifi di rumah. tapi kenapa setiap mirroring selalu lost conecting. jadi ga bisa browsing / streaming via wifi. Padahal internet di wifi nyala…
    Kenapa ya ???

    1. saya belum coba pake xiaomi, memang minusnya xiaomi terkadang tidak compatible dengan beberapa third party accessories.

      1. Gan kalu ke asus zenfone selfie konek ga,udah ada play to

        Terus ini ezcast sebagai wifi diisi kuota atau ga

    1. harusnya bisa dan menggunakan extra data kalau play video dari lokal hape, kecuali kalau kamu streaming youtube dari ezcast.

  4. Saya dah beli nih, untuk ke tv yg ada hdmi bisa bagus hasilnya, tp pas di coba ke tv tabung pake converter hdmi ke av/Rca hasilnya gak bisa. Padahal alat converter sudah di coba dari laptop ke tv tabung yg gak asa hdminya hasilnya ok/bisa.
    Mohon solusinya…..

    1. Pastikan kalo hp nya support screen mirroring cara ngeliat apa hp nya udah support apa belom langkah pertama masuk ke settings lalu pilih more atau display lalu cari screen mirroring atau cast screen atau play to kalo play to biasanya ada pada hp atau tablet asus

  5. Saya sudah coba, barangnya memang bagus. Kebetulan saya gunakan di ipad 3. Saya streaming di situs nonton.mobi dan situs nonton film lainnya, namun pada saat sya gunakan layar penuh subtitle nya tidak muncul. Kalo pake layar kecil sih muncul. Kenapa yaa ??? Ada yg tau gak caranya gimana ??? Trims

  6. gan mau nanya…..
    kenapa saat menggunakan mirroring terus play video atau music atau game lewat hp bukan dari aplikasinya ezcast… kenapa suara tidak muncul…??

    1. bisa, tapi nanti tidak bisa browsing internet sambil menggunakan ezcast.
      kalau ezcast tersambung dengan wifi yang ada internetnya, hape kamu masih bisa digunakan untuk akses internet. thanks

  7. Hl …mau nanya gimana ya cara pemasanganya …gua kagak bisa nih tolong ajarin gue dong sapa yang bisa tolong ya pakai ezcast nya

    1. caranya gampang banget, setelah ezcast nya disambung ke tv dan listrik, dari hape tinggal download aplikasi ezcast dan connect ke wifi ezcast (passwordnya ada di TV). setelah itu harusnya tinggal ikutin petunjuk aja

  8. hm, sekilas hampir sama fitur menampilkan gmbar ke lyar laptop dengan aplikasi shareit. tpi fitur menampilkan konten di layar tv boleh juga tuh. untuk smentara s[ertinya belum bgtu membutuhkan. mngkin lain kali

  9. Mas Bro, saya baru beli HDMI Donglenya…sama dengan yang difoto blognya mas dhiku….ada tulisan ezCast nya…

    tetapi kok dimanualbooknya beda dan ketika dicolok ke hdmi TV pun tulisannya buka ezCast, melainkan miraScreen yg muncul…. kemudian ada tulisan websitenya juga…sehingga saya pun coba ke website tersebut…lah makin bingung karena beda gambar alatnya…apakah punya saya palsu atau saya yang butuh bantuan ???

    yang jadi pertanyaan lainnya adalah saya sudah berhasil menghubungkan iphone 4 ke TV, laptop windows 8 ke TV……tetapi kenapa yang ke android tidak bisa ??? padahal udah android5.1…….begitu juga yang ke laptop windows7, apakah tidak bisa juga ???? terimakasih…

    maaf sebelumnya banyak bertanya….mohon bantuannya….bisa minta no WA kah buat bantu nanya2….sekali lagi terimakasih

  10. Gan..sy punya jaringan wifi dirumah tapi kesulitan untuk menghubungkan TV smart dan PC win8.1 dengan EZCast M2. Bagaimana cara merubah SSID dan passw bawaan EZCast? Mohon pencerahan dan solusinya. TK

  11. langkah nyambungin dri laptop ke tv kok rumit ya gan, masih kudu setting router ap. ga ngerti maksutnya nyetingnya itu yg kaya gimana.

  12. mau tanya mas,
    saya kan pake Galaxy Note 3
    kalau saya bermain game di hp dan ingin bermain lewat TV apakah bisa memakai ezcast?

    untuk bermain game saya juga menggunakan bluetooth gamepad

Leave a Reply