Review Cloud Camera TPLink, Solusi Pemantau Ruangan yang Mudah dan Ekonomis

Screen Shot 2015-07-12 at 10.00.52

Solusi pemantau ruangan menggunakan CCTV kamera sebenarnya hal yang udah biasa, tapi biasanya cukup mahal karena harus beli 1 set lengkap dengan DVR dan beberapa kamera, belum lagi cara pasangnya yang ribet. Padahal saya membutuhkan  yang lebih simple, kamera yang bisa dipasang di ruangan keluarga dan kamar anak tanpa ribet kabel dan videonya bisa diakses kapan saja dari luar rumah. Jadi saya bisa lebih tenang kalau sedang di luar rumah dan meninggalkan anak dengan asisten rumah tangga karena bisa memantau kapan saja. Setelah mencari beberapa produk yang sesuai kebutuhan, akhirnya saya mencoba Cloud Camera TP-Link NC 200. Harganya juga bisa dibilang paling ekonomis dibandingkan dengan kamera lain sejenis.

Pemasangan dan Instalasi Kamera

Saya suka desainnya yang compact dan engselnya yang fleksible jadi bisa diputar-putar menyesuaikan kondisi ruangan misalnya di sudut ruangan, di atas meja, atau dipasang di dinding. Instalasi kamera bisa dibilang sangat mudah, ada dua cara, jika routernya support WPS maka caranya cukup tekan tombol WPS di router dan kamera akan langsung terhubung. Cara lainnya adalah dengan menyambungkan kamera dengan router menggunakan kabel network. Setelah itu download aplikasi android/ios dan tinggal ikuti langkah-langkahnya. Tidak lebih dari 10 menit kamera sudah bisa dilihat dari aplikasi dan kabel networknya bisa dilepas supaya wireless, jadi ketika pemasangan yang dicolok ke kamera cukup kabel powernya saja.

20150711212608 unboxing  Screenshot_2015-07-11-11-26-15

Akses kamera melalui web-based atau aplikasi Android, iOS

Setelah sukses terpasang, video bisa diakses melalui desktop browser (dengan plugin khusus) atau melalui aplikasi android dan iOS. Selain bisa melihat video secara live, aplikasi ini juga bisa merekam video, mengambil gambar, dan mengaktifkan suara. Kalau koneksi internet tidak stabil, ada juga opsi untuk melihat dengan resolusi yang lebih rendah. Kelebihan lainnya aplikasi ini juga melihat beberapa kamera jadi kalau punya lebih dari satu kamera, semuanya bisa dilihat langsung dari aplikasi.

android  more cameras

Cloud Camera

akses video dari luar rumah via mytpcloud.com

Fitur lain yang berguna juga adanya motion detection dengan notifikasi berupa email atau FTP. Untuk setup motion detection harus dilakukan melalui desktop browser dan cukup fleksible menentukan area mana yang mau difokuskan dan sensitivitas motionnya.

Motion Detect

kamera akan detect gerakan yang terjadi di area yang ditandai warna biru

Kualitas Video

Kualitas video bisa dibilang cukup bagus dengan resolusi 640×480. Resolusinya yang cukup optimal juga supaya tidak terlalu butuh bandwidth yang besar ketika mau akses dengan koneksi internet. Namun kekurangannya pada unit yang saya coba kualitas audionya tidak jernih, seperti ada suara echo sehingga suara di dalam ruangan jadi kurang jelas. Mudah-mudahan ada update firmware terbaru yang mengatasi masalah ini. Sebagai informasi untuk upgrade firmware kamera bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi android.

Bonus! berfungsi juga sebagai Wireless Extender 

Selain sebagai camera, ternyata TP-Link juga bisa berfungsi sebagai wireless extender untuk memperluas jaringan wifi di rumah, sehingga akses internet juga bisa lebih cepat di spot yang sebelumnya kualitas sinyal wifinya kurang bagus.

20150711212609

Kesimpulannya buat saya produk ini adalah prodvalue for money!  harganya yang ekonomis, pemasangan yang gak ribet, kualitas video yang cukup bagus, dan yang paling penting bisa diakses kapan dan dimana aja dengan lancar.

Recommended!

1 comment

Leave a Reply