Review 10 Alasan Beli Samsung Galaxy Note 5

20160221173204

Samsung Galaxy Note 5 sudah rilis sejak Agustus lalu. Setelah lima bulan sejak rilis, menurut saya Note 5 masih layak mendapat predikat phablet terbaik atau bahkan bisa dibilang smartphone terbaik bagi yang menyukai layar lebih dari 5.5 inch (setidaknya sampai Samsung S7 atau LG G5 keluar di bulan ini). Lalu apa aja alasan yang membuat smartphone ini layak dimiliki?

1. Layar besar dengan dimensi body yang compact

Awalnya saya tidak begitu tertarik menggunakan smartphone layar di atas 5 inch karena biasanya ukuran bodinya besar, bobotnya berat, sehingga tidak nyaman digunakan sehari-hari. Berbeda dengan Note 5, dimensinya bisa dibilang compact untuk ukuran layar 5.7 inch, bobotnya  cukup ringan 171 gram dan bodinya juga tidak terlalu lebar 76mm. Screen to body ratio sekitar 75%, salah satu yang terbaik di kelasnya.  Ditambah lagi Note 5 menggunakan tombol navigasi di bawah layar bukan on screen, membuat layar 5.7 inch menjadi tetap maksimal. Tidak butuh waktu lama buat saya menjadi terbiasa dan merasa nyaman menggunakan Note 5 untuk browsing atau social media dengan satu tangan selama 30 menit atau lebih. Sedikit tips, supaya lebih nyaman navigasi di Note 5 dengan satu tangan, bisa menggunakan aplikasi Pie Control yang membuat akses langsung ke beberapa aplikasi jadi mudah dan cepat.

20160221180237

2. Kameranya bagus banget!

Tidak heran kalau Note 5 mendapat score benchmark kamera terbaik di DxOMark, http://www.dxomark.com/Mobiles/Column-right/Mobile-Scores karena memang kualitas kameranya jernih dan tajam sekali dengan kamera belakang 16MP. Shutternya juga cepat. Kualitas kamera depan dengan 5MP juga sangat baik, fitur beautify membuat foto kita terlihat lebih “Ganteng” atau “Cantik” 🙂 Dibandingkan kualitas photo iPhone 6, menurut saya Note 5 masih lebih baik terutama dalam kondisi lowlight. Yang paling saya suka dari kamera Note 5 adalah shortcut untuk membuka kamera hanya dengan menekan tombol home dua kali. Shortcut ini juga bisa diakses ketika layar mati atau hidup, membuat momen penting jadi tidak terlewati untuk diabadikan.

Screen Shot 2016-02-21 at 6.19.53 PM

3. Dual Sim 4G

Dulu sangat susah mencari smartphone dual sim yang premium, saat ini Note 5 bisa dibilang layak menyandang smartphone dual sim terbaik. Dua slotnya mendukung 4G, saya sudah menguji Sim 1 Telkomsel dan Sim 2 IM3 Ooredoo, dua-duanya bisa menangkap sinyal 4G dengan baik. Switch network antara sim 1 dan 2 juga bisa dilakukan dengan cepat dari notification tray. Namun sama seperti dual sim pada umumnya, dual sim Note 5 adalah dual standby bukan dual ative on, jadi jika salah satu nomor sedang menerima telepon, nomor yang lain tidak bisa menerima telepon. Sebenarnya ini bisa diakali dengan konfigurasi call forwarding tapi ada biaya pulsa.

4. Performa gegas dan battery hemat

Dengan processor 64-bit Exynos 7420 Octa-core (Quad 2.1 Ghz + Quad 2.5 Ghz) dan RAM 4GB, performa Note 5 terasa sangat cepat dan responsif. Samsung juga memperbaiki launcher TouchWiz jadi jauh lebih ringan dan RAM management yang lebih baik sehingga performa tetap smooth walaupun sudah di install banyak aplikasi dan battery juga hemat. Saya pernah punya Galaxy S4, biasanya setelah di install banyak aplikasi performa jadi terasa lag dan battery juga boros. Penggunaan sehari-hari dengan 3 email aktif, whatsapp, bbm, facebook, linkedin, twitter dan dual sim aktif, bluetooth aktif terhubung dengan smarwatch, battery Note 5 bisa bertahan dari pagi jam 8 sampai malam jam 9 dengan battery masih di angka 20-30% dan screen on time sekitar 3 – 4 jam (tanpa power saving sama sekali). Performa ini bisa lebih baik dengan aplikasi Package Disabler Pro untuk mematikan aplikasi atau service bloatware Samsung yang tidak digunakan.

5. S Pen bisa nulis dimana aja

Fitur ini mungkin tidak untuk semua orang, kebetulan saya suka menulis baik di buku dan cukup sering menulis di tablet iPad. Namun saya merasa membawa dua gadget smartphone dan tablet kemana-mana tidak praktis. Dengan Note 5, saya cukup bawa satu smartphone saja. Kemampuan S Pen juga mengalami peningkatan dibandingkan seri sebelumnya, lebih presisi dan akurat. Fitur yang paling saya suka dari S Pen adalah screen off memo yang memudahkan mencatat tanpa harus menyalakan smartphone dan unlock, tinggal tarik S Pen dari bawah dan langsung bisa menulis di layar. Praktis!

20160221181929

6. Quick Charging, kabel dan wireless

Walaupun tidak mendukung removeable battery, dengan battery 3000mah, Note 5 sudah bisa digunakan selama satu hari penuh dengan penggunaan yang cukup heavy. Urusan battery jadi semakin sempurna karena Note 5 punya kemampuan fast charging baik kabel maupun wireless. Buat saya yang suka lupa charge, fitur ini sangat berguna karena battery bisa diisi dengan sangat cepat sekitar 30 sampai 50 menit sampai battery penuh (tergantung kondisi battery saat mulai charge). Sekedar catatan, untuk bisa quick charging harus dengan charger khusus yang mendukung quick charging. Wireless quick charging tidak tersedia dalam paket pembelian dan bisa dibeli di kisaran harga 500ribuan.

7. GPS akurat dan lock yang cepat

Kendala smartphone Android pada umumnya ada di GPS locking yang lama dan tidak akurat, berbeda dengan iPhone yang biasanya selalu cepat untuk urusan lock GPS. Kemampuan GPS locking Note 5 menurut saya sangat baik dan cepat dibandingkan smartphone Android yang pernah saya miliki sebelumnya. Dari dalam mobilpun hanya dalam hitungan detik bisa langsung lock. Buat saya yang sering menggunakan Waze, kemampuan GPS di Note 5 ini sangat bisa diandalkan.

8. Fingerprint di home button depan

Semakin canggihnya teknologi membuat kita menyimpan hampir segala hal informasi pribadi di smartphone. Memasang security password sudah menjadi kewajiban, tapi kalau kamu sering aktif membuka smartphone pasti repot harus input password berulang kali. Note 5 mendukung finger print di tombol home depan dengan respon yang cepat dan akurat. Fingerprint-nya bisa menyimpan empat sidik jari yang berbeda. Selain menyimpan fingerprint jempol, saya juga menyimpan fingerprint jari telunjuk yang sangat berguna ketika Note 5 berada di atas meja, cukup tekan tombol home dengan telunjuk dan Note 5 langsung terbuka. Note 5 juga mendukung smart lock jika terhubung dengan bluetooth atau wifi tertentu. Misalnya kalau Note 5 terhubung dengan smartwatch melalui bluetooth, maka bisa diatur supaya tidak perlu input password atau fingerprint lagi.

9. Akses langsung dari PC atau Macbook dengan Samsung Side Sync

Sidesync adalah salah satu fitur favorit saya  ketika sedang bekerja menggunakan macbook. Dengan sidesync saya bisa mendapat semua notifikasi, copy file dari Note 5, bahkan bisa akses remote membuka aplikasi yang ada di Note 5 langsung dari Macbook. Koneksinya bisa menggunakan wifi, performanya cukup smooth walaupun gambarnya tidak terlalu tajam. Dengan fitur ini saya bisa tetap fokus di layar macbook tanpa perlu repot membuka Note 5 tiap ada notifikasi. Silahkan download Samsung Sidesync untuk PC atau Macbook disini.

Sidesync

10. Mendukung hiburan virtual reality dengan Samsung Gear VR 

Tren entertainment sekarang sudah mulai ke arah Virtual Reality, bahkan ada kabar bahwa Steven Spielberg juga sedang menggarap konten khusus VR. Dengan Samsung Gear VR, kita bisa merasakan pengalaman nonton seolah-olah seperti di lokasi. Berbeda dengan Google Cardboard, Samsung Gear VR ini memberi pengalaman lebih baik karena mempunyai input dan sensor tambahan. Buat yang pakai kacamata juga tidak perlu khawatir karena Samsung Gear VR masih nyaman digunakan dengan kacamata. Samsung Gear VR juga mempunyai aplikasi Netflix membuat kita seperti punya bioskop pribadi. Kebetulan Samsung Gear VR sudah hadir di Indonesia dengan harga 1.5jt dan hanya mendukung beberapa smartphone premium Samsung seperti S6, S6 Edge, S6 Edge + dan Note 5. Buat yang tertarik bisa pre-order disini.

Screen Shot 2016-02-21 at 6.02.12 PM

Tapi …

Note 5 bukan tanpa kekurangan, yang pertama tidak adanya dukungan external memory. Apalagi tipe Note 5 yang beredar di Indonesia hanya tersedia 32 GB. Saat ini saya mengakali dengan menggunakan MicroSD USB Reader untuk menyimpan file besar atau backup photo dan video. Lalu yang kedua soal warna layar Samsung yang menurut saya terlalu vivid (ngejreng di mata), berbeda dengan smartphone seperti HTC yang warnanya lebih enak di mata. Display layar memang tergantung selera setiap orang, untungnya Note 5 punya beberapa mode layar, saya sendiri menggunakan display mode AMOLED photo (defaultnya Adaptive). Terakhir, buat penggemar tempered glass, siap-siap eksperimen karena memasang tempered glass di Note 5 bisa berbeda-beda hasilnya, saya sudah pasang 2x dan masih ada efek halo (tidak rapat) di ujungnya.

Kesimpulan?

Dengan berbagai keunggulan fitur yang dimiliki Note 5 dan beberapa kekurangannya yang bisa dimaklumi, rasanya memang layak kalau predikat smartphone terbaik sampai saat ini dipegang oleh Note 5. Kita tunggu inovasi berikutnya dari Samsung yaitu Galaxy S7 yang akan dirilis tanggal 22 Februari nanti. Well done Samsung!

5 comments

  1. Hi hi.. salam kenal :), Saya mau tanya, sampai sekarang pakai note 5, kira-kira performnya bagus tdk yah? Saya ragu antara mau beli note 4 atau note 5, karena byk bgt artikel yg menuliskan jangan membeli note 5. Saya jd ragu-ragu, karena liat reviewnya agan, saya jd tmbh bingung nih 😀
    Mohon petunjuknya better note 4 atau note 5 yah? Thanks before agan 🙂

Leave a Reply