INTERVIEW QUESTION : Kamu Mau Gaji Berapa?

hayo. Bagi yang lagi sedang mencari kerja atau akan mencari kerja, kamu pasti akan ditanyain sama perusahaan mau gaji berapa. Sebenarnya ada beberapa pilihan jawaban yang setidaknya bermunculan di kepala saya, pick d best one for yours 🙂

Q: Kamu mau gaji berapa disini?

A:

1. Oke pak, dengan kemampuan yang saya miliki yaitu, bisa ini bisa itu (sampai 5 menit dan bikin interviewer kesel), jadi saya minta sekian juta pak!

2. Begini pak, karena lokasi tempat kerja yang jauh dan macet dan pertimbangan2 lainnya saya meminta gaji sekian juta sudah termasuk ongkos pulang pergi!

3. Wah makanan di kantin sini mahal pak, jadi saya minta gaji sekian juta supaya gaji saya tidak habis di makan sehari2 pak. Atau saya dapet makan siang pak?

4. Karena disini resiko kerjanya cukup tinggi pak, jadi gaji yang saya minta sekian juta sesuai dengan tingkat resiko yang akan saya hadapi pak!

5. Pengalaman saya yang sudah bertahun2 bekerja di perusahaan tertentu (yang ga nyambung dengan perusahaan yang dilamar) maka saya minta gaji sekian juta, wajar donk pak?

Oke serius nih! jadi harus jawab apa kalo ditanya ini?

Ini pilihan jawaban yang terakhir,

6. Saya akan berusaha untuk memberikan peran yang besar dalam perubahan yang lebih baik pada perusahaan ini dengan bekerja sebaik-baiknya. Setiap perusahaan punya standarnya sendiri, dan bapak bisa menilai saya dari hasil kerja yang akan saya hasilkan nanti.

Nah jadi mau pilih jawaban yang mana? ga semuanya cocok untuk semua perusahaan, dan meminta gaji berapa itu adalah hak kita, tapi kita juga harus tau berapa sih standar mereka dan standar kemampuan kita.

Dan juga bekerjalah dengan hati, heart-work. Jangan hard-work. Karena segala sesuatu yang muncul dari dalam hati akan menjadi hal yang luar biasa dan tentunya ga akan menjadi beban 🙂

powered by performancing firefox

8 comments

  1. kak diku pilih yg mana???
    waaaa…..kak… basdatna susah bgt uts na…
    masa kita queri semua. mana susah2 lagi!!!
    ujiannya ribet de… ga diajarin di kul ato praktikum
    misalna: tampilkan nama employee (dari relasi employee) yang gajinya sekian juta dan bekerja di perusahaan itu tapi tidak lebih dari sekian jam (dari relasi works_on)… dan tempat tinggal tidak sama dengan alamat project (dari relasi project)…jadi kita negubungin 3 relasi getu….)
    pusingggggg… gmn ne kak?? (kok malah ngomongin basdat yak?? bisnya msi kesel si ma uts basdat tadi….)

  2. hwahaha…kayanya jawaban dari no 1 mpe 5 seru juga yach hehe….lutcu…gw yakin pasti tuech orang dach dapet nilai negatif dech low jawabnya kayak gitu….,,iya ga??iya kan??iya ga yach??kayanya iyach dech??bukan tw tp iyach!bukannya iyach yach?ALAH..MULAI DECH..klo loe nge???pasty yang teakhir yech….??klo kata gw siech gw bakalan jawab kaya no 6 coz gw juga pernah tuch ditanya kayak gitu,,cerita;
    waktu itu pas semester 3 awal gw ngelamar(tapi ga mpe perusahaan ciech cuma kecil)(maklum lah pak saya mach jalma alit hehe.. }ech gw ditanya kaya gitu coba””(kamu mw minta gaji berapa?..uch..untungnya gw dach konsultasi ke bokap and nyokap gw jd gw jawabnya mirip2kaya yang no 6 lach,walaupun ga mirip bgtz and ga sberat itu tp menyerupai koq,yaach ga pake speak-speak perubahan lach..hehe..boleh juga tuech kata2nya gw copast…
    udach gitu pake hati dech…cie..cie..prikitiw..prikitiw…

  3. Kalo gw bilang gini:
    Loe berani bayar gw berapa berani ngasih gw berapa A? Di tempat awal gw dapet X, nah di sini gw harus dapet
    f(x)=A+2x, dengan A>=0
    :sambil ngelirik ke Boss gw:
    😀

  4. haha. pengalaman pribadi ya? oiya ada yg ketinggalan grafik fungsinya jgn lupa digambarin 🙂 jadi harus bilang, pada tahun X, maka harusnya saya dapet X. haha

    Kalo gw mah minta fungsi eksponensial aja kalo gitu 😀

  5. bilang aja gini:
    “Yang pasti gaji saya harus lebih besar dari gaji bapak/ibu”
    dengan catatan bapak/ibu di sini pimpinan perusahaan langsung yg interview :p

  6. Another nice article dhik.
    Gmn klo lw tulis juga daftar list pertanyaan klo kita yg jadi interviewer,
    khan kita gak seumur hidup dong jadi org yg diinterview terus. 😀
    apalagi lw jg seneng manajemen.

Leave a Reply