BitNami: One-click-install Open Source Apps

Hi all, lama ga ngeblog lagi. Sebenarnya uda ada banyak draft posting tapi ga sempet selesai2 juga. Stay tune guys.

Oke sedikit pertanyaan dari gw sebagai introduction,

  • Pernah merasa sulit untuk install open source apps seperti, trac, drupal, roller, liferay, redmine, tracks, alfresco, moodle?
  • Pernah merasa pusing ketika diminta install open source apps selain di windows?
  • Pernah merasa kesal ketika ingin install open source apps lalu butuh package ini itu?
  • Pernah mengalami proses instalasi diluar dari skenario instalasi manual yang diberikan oleh open source apps? kemudian googling, tanya forum, dan akhirnya bisa atau akhirnya menyerah?

Tenang, skrng ada solusi yang membantu teman2 semua, mari kita sambut … Bitnami.

Apa itu? BitNami menyediakan solusi supaya kita dapat dengan mudah menginstall hampir open source apps yang umum digunakan hanya dengan one-click-install. BitNami mendukung multiplatform, jadi kita bisa one-click-install on any platform.

Selain untuk open source apps, BitNami juga dukung untuk one-click-install untuk infrastructure, seperti Apache, PHP, MySQL, Ruby, JRuby, dan Django.

Gw adalah pecandu open-source apps spt RedMine untuk project management dan Tracks untuk GTD. Keduanya based on Ruby-on-Rails. Step untuk instalasinya kalo dilakukan di ubuntu memang panjang dan tentu suka ada hal2 di luar dugaan. Akhirnya gw test download Tracks untuk linux, btw gw pake ubuntu. Dan gw cukup lakukan,

  1. Beri permission pd file untuk bisa di-execute, chmod +x tracks_installer.bin
  2. Jalankan tracks_installer.bin
  3. Next -> Next -> Finish πŸ™‚

Kekurangan dari BitNami adalah ga bisa akses shared resources. Misalnya gw install drupal dan joomla yang biasanya apache, php, mysql nya dipake bareng2. Kalo kita mau drupal jalan di port 8080, dan joomla di port 8081, maka kita harus install joomla dulu baru drupal. Kalo ga, 22nya ga bisa jalan bareng πŸ™‚

Selamat mencoba untuk stack lainnya πŸ™‚

Leave a Reply