Berlangganan Layanan Cloud

Sebenarnya hampir setiap hari kita menggunakan layanan cloud, mulai dari social media sampai dengan Gmail, Dropbox dan lain sebagainya. Biasanya kita menggunakan layanan-layan tsb secara gratis, tapi beberapa orang (termasuk saya) rela mengeluarkan uang tiap bulannya untuk berlangganan demi mendapatkan layanan yang lebih premium.

Lalu layanan cloud apa saja yang saya rekomendasikan?

Office 365

Layanan berlangganan office dari Microsoft untuk Excel, Word, Powerpoint, Outlook, OneNote. Menurut saya pribadi, layanan ini adalah langkah yang brilian dari Microsoft karena memberikan alternatif lain daripada harus membeli sekian banyak lisensi office terutama buat keluarga. Office 365 Home Premium bisa untuk 5 PC atau mac, 5 tablet atau web access dengan metode pembayaran bisa per bulan atau tahun. Selain itu kita juga otomatis akan selalu mendapatkan versi yang terbaru, jadi tidak perlu repot lagi harus membeli lisensi office versi terbaru.

Total biaya Rp 72.999 per bulan atau Rp 729.999 per tahun untuk Office Home Premium. Kalau yang personal bisa pilih paket yang lebih murah Office 365 Personal dengan biaya Rp 53.999 per bulan atau Rp 539.999 per tahun.

Bayangkan dengan kebutuhan saya untuk 3 PC, kalau beli lisensi Office 2013 Home & Student harganya sekitar 1.2juta, jadi total biaya sekitar 3.6jt. Padahal harga segitu kita bisa langganan 5 tahun Office 365, bahkan bisa untuk 5 PC dan di tablet juga. Belum lagi selama 5 tahun pasti ada rilis Office terbaru yang harus beli lagi kalau mau uprade.

Dropbox

Layanan yang menyediakan storage untuk menyimpan dokumen atau photo. Saya pakai Dropbox untuk menyimpan dokumen2 penting, supaya kapanpun saya bisa akses di berbagai platform ios, android dan juga sekaligus sebagai media backup. Prosesnya juga tidak ribet karena karena Dropbox otomatis sync semua dokumen jika ada koneksi internet. Dropbox ini sudah beberapa kali jadi lifesaver, pernah kejadian ketika di luar kantor dan mendadak ada kerjaan penting, saya gak perlu repot karena semua bisa diakses dari iPad atau android saya. Bahkan pernah juga waktu itu laptop saya crash, untungnya semua dokumen penting bisa langsung di restore dengan cepat.

Total biaya $9.99 per bulan untuk storage 100GB per bulan. Sebenarnya tertarik juga dengan Google Drive karena harganya memang jauh dengan Dropbox hanya $1.99 untuk storage yang sama 100 GB. Bahkan dengan harga $9.99 bisa mendapat 1 TB! Tapi sementara saya masih nyaman dengan Dropbox karena ekosistem yang sudah lebih mature dan tersedia di berbagai platform.

Deezer

Layanan streaming music dengan database hampir 30+ juta musik luar dan lokal. Selain database musik yang sangat lengkap, Deezer juga bisa diakses offline dan tersambung ke maksimum tiga gadget. Saya pasang Deezer di handphone dan tablet saya, lalu di handphone istri. Kita biasanya punya playlist masing2 jadi tidak saling mengganggu karena selera musiknya agak berbeda. Deezer ini hampir setiap hari kita gunakan bersama, misalnya pas lagi di rumah via bluetooth speaker atau pas lagi perjalanan di mobil sambung via aux/bluetooth.

Total biaya $5.99 per bulan (sekarang lagi promo $2.99) untuk akses musik unlimited di web maupun handphone (maksimal 3)

Tempo Flip

Koran Tempo tapi dalam format seperti aplikasi Flipboard, sehingga membacanya menjadi nyaman. Buat saya gak ribet kalau baca koran di iPad dengan format persis seperti koran aslinya, karena harus zoom in/out, geser kiri/kanan untuk baca kontennya. Dengan format seperti flipboard membaca Koran Tempo jadi jauh lebih enak. Belum kebayang, liat aja langsung di AppStore

Total biaya Rp 59.000 per bulan, 50% lebih murah daripada langganan biasa dengan harga Rp 4.000 x 30, Rp 120.000

Scoop

Layanan untuk membeli atau langganan majalah Indonesia yang sangat lengkap dan tersedia di berbagai platform. Saya biasanya berlangganan majalah BusinessWeek Indonesia dan Kontan Mingguan. Sayangnya beberapa majalah atau koran tidak bisa subscribe periode tertentu, jadi tiap bulan harus beli lagi dan tidak otomatis renewal. Dan yang menarik ada sistem poin yang bisa digunakan untuk membeli majalah/koran di Scoop.

Google Photos

Layanan untuk menyimpan seluruh photo dan video dengan storage yang unlimited! dengan syarat fotonya harus dengan ukuran maksimal 3 MP dan video max 15 menit. Ukuran yang lebih dari cukup untuk sekedar backup dan bisa akses photo2 personal dimana aja. Kalau upload dari ukuran lebih dari itu akan menggunakan storage Google Drive. Saya menggunakan aplikasi tambahan Picasa supaya bisa otomatis upload photo yang ada di folder tertentu dan resize ke 3MP jika filenya terlalu besar. Untuk photo2 yang berukuran besar cukup saya pastikan selalu terbackup tiap bulan di harddisk external.

Itulah kurang lebih layanan cloud yang saya rekomendasikan, beberapa layanan biasanya lebih baik bayar per tahun supaya lebih murah, saya rela membayar itu semua karena saya puas dengan layanan mereka dan yang paling penting sebagai bentuk dukungan supaya layanan yang diberikan bisa lebih baik lagi dan sustainable. Sebenarnya ada satu lagi layanan yang saya mau subscribe tapi belum sempat, Playstation Plus dengan segudang manfaat yang menggoda. Tapi mungkin nanti dulu.

Jadi layanan cloud apa yang anda gunakan dan bayar tiap bulannya?

 

Leave a Reply