Bagaimana Memulai Sebuah Usaha PART I

Sewaktu saya mengikuti tahap ke dua lomba IEC2 saya mendapatkan banyak ilmu mengenai bagaimana memulai usaha melalui games sederhana yang diberikan panitia.

Inti dari games tersebut adalah bagaimana caranya untuk memulai usaha digital printing dengan modal 400 juta. Beberapa temen2 yang ingin menjadi entrepreneur kadang bingung bagaimana memulai usaha yang ingin dirintisnya. Disini saya ingin membagi pengetahuan saya mengenai hal tsb.

1. Membuat Business Plan
Business plan digunakan untuk mendapatkan modal usaha dari bank atau investor. Business plan ini berisi rencana dari bisnis yang akan dilakukan. Isinya biasanya adalah summary dari bisnis yang akan dilakukan, deskripsi perusahaan (jika belum ada maka start-up plan dari bisnis tsb), analisa pasar, manajemen tim, dan yang terpenting adalah budgeting.

2. Notaris
Untuk memulai sebuah usaha diperlukan izin hukum, melalui notaris kita bisa mendapatkan salah satunya adalah SIUP, surat izin usaha. Intinya seperti itu, namun sebenarnya proses pembuatan izin tersebut lumayan panjang dan sudah difasilitasi oleh notaris, perusahaan harus didaftarkan terlebih dahulu di Menteri Kehakiman, setelah itu diumumkan melalui tambahan berita negara. Sebagai gambaran, untuk membuat SIUP di Bantul,dengan modal usaha 200 – 500 juta dibutuhkan biaya sebesar 150 rb dan TDP sebesar 90 ribu. Sedangkan untuk di atas 500 juta dikenakan biaya SIUP 200 ribu dan TDP 125 ribu.

3. Konsultan
Opsi ini sebenarnya bisa bersifat opsional, namun biasanya jarang sekali orang yang tidak membutuhkan konsultan untuk emulai bisnisnya. Tugas konsultan adalah memberikan konsultasi mengenai usaha yang dijalankan misalnya sistem, aturan, dan teknologi yang dipakai. Dan juga memberitahu bagaimana agar kita bank atau investor menjadi tertarik untuk memberikan modal usaha

4. Mencari modal usaha
Dengan business plan yang baik maka akan menjadi lebih mudah dalam mendapatkan modal usaha.
Modal usaha dapat dicari melalui,

Bank atau biasa disebut debt financing
Investor atau biasa disebut equity financing

Apa perbedaannya?

Tunggu seri selanjutnya..

powered by performancing firefox

5 comments

  1. bro, klo kata sodara gw qta kudu ngikut sama org dulu biar dapet ilmunya n ngerasain persaingan di bidang bisnis yang qta ingin mulai jd biar gk “gagap” pas mulai bisnis….

  2. yupe, carilah pengalaman msti sekecil apapun, kemaren gw punya kenalan waktu lomba, dia da punya usaha konsultan manajemen, awalnya cuma kerja2 di perusahaan konsultan, asuransi cuma sebagai bantu2 aja, tapi dia bener2 berusaha untuk mendapatkan banyak hal disana.

    Never turn down a job because you think its too small, you dont know where it could lead — Julia Morgan

  3. Dhiku saya herry salam kenal ya.Saya bru slsai kuliah thn kmrn n skrg msh nganggur. Ni lusa ada intervie dPrshn Consultant sbgai admin.Saya mo nanya nih, ilmu saya mash tergolong dangkal gmna ya apa saya bsa bkrja nantinya dPrshn tsbt.emang sih kdngran agak pesimis en emang saya orangnya ga PD-an,Thanx ya tas saran2nya

Leave a Reply