Automate Pengaturan di Android dengan Tasker, Pebble dan IFTTT

 

Kelebihan utama dari platform Android yang paling saya suka adalah fleksibilitasnya. Salah satu aplikasi Android yang memberikan fleksibilitas penuh kepada penggunanya adalah Tasker, aplikasi yang bisa melakukan sesuatu secara otomatis pada kondisi tertentu yang kita inginkan. Contoh yang biasa kita alami setiap hari, setiap kali sedang meeting biasanya kita selalu mengubah volume menjadi vibrate, atau ketika tersambung dengan headset biasanya kita langsung membuka aplikasi musik. Dengan Tasker semua hal tsb bisa dilakukan secara otomatis.

Cara kerjanya sederhana, Tasker mempunyai konsep “Profile” dimana pada kondisi-kondisi tertentu profile ini akan aktif, misalnya ketika ada jadwal meeting di kalendar. Ketika profile ini aktif maka Tasker akan menjalankan “Task”, misalnya Task untuk menyalakan mode vibrate. Lalu ketika meeting berakhir maka menjalankan Task mematikan mode vibrate. Setiap profile dan task bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan.

 

 

Tasker Profile

Supaya lebih kebayang contohnya dalam sehari-hari, berikut ini beberapa profile yang saya buat di Tasker. Seluruh profile di bawah ini bisa dilakukan tanpa root dan tidak memberikan pengaruh terhadap konsumsi battery

  1. Otomatis mode silent kalau ada kalendar entry di outlook kantor, jadi tidak perlu repot harus merubah mode vibrate setiap meeting.
  2. Otomatis silent ketika sedang jumatan dari jam 11.30 sampai 13.00 atau bisa juga disesuaikan untuk ibadah lainnya seperti, ibadah minggu di gereja.
  3. Otomatis mengecilkan volume notifikasi dan ringer call ketika tersambung dengan wifi kantor atau rumah.
  4. Ketika malam hari ada telepon dari contact tertentu maka volume ringtone maksimal supaya panggilan telepon tidak terlewat.
  5. Ketika handphone tersambung dengan bluetooth headset atau earphone maka otomatis launch aplikasi musik deezer di handphone.
  6. Ketika tersambung dengan wifi kantor atau rumah, koneksi data 3G dimatikan, brightness di set sekitar 10%, volume notifikasi dan panggilan dibuat minimum 10%, sedangkan jika disconnect dari wifi rumah/kantor maka otomatis koneksi 3G aktif, brightness 25%, dan volume menjadi maksimal.
  7. Saya selalu mematikan fungsi auto rotate, tapi untuk aplikasi tertentu auto rotate akan aktif misalnya ketika sedang menjalankan aplikasi Youtube, MxPlayer, QuickPic atau Gallery.
  8. Ketika ada notifikasi BBM dan kondisi screen sedang off, maka launch aplikasi BBM. Sehingga ketika handphone dinyalakan maka otomatis langsung terbuka aplikasi BBM. Kenapa dalam kondisi screen off? karena kalau dalam kondisi nyala, biasanya notifikasi bisa dilihat di bagian status bar dan saya tidak mau otomatis terbuka aplikasinya karena belum tentu pesannya harus segera dibalas. Saya juga setup hal yang sama untuk aplikasi chat seperti Whatsapp atau Telegram.

Tasker Profile dengan Pebble

Untuk pengguna Pebble smarwatch sudah ada aplikasi third-party yang mendukung integrasi Pebble dan Tasker seperti Pebble Tasker atau Auto Pebble. Dengan adanya aplikasi ini maka kamu bisa lebih bebas berkreasi membuat profile yang mengkombinasikan keunikan keduanya,

  1. Launch Task langsung dari Pebble,

    • Set vibrate/sound
    • Start voice recorder dan stop
    • Launch any app di handphone, misalnya aplikasi musik deezer atau poweramp
    • Menyalakan atau mematikan wifi tether
    • Quick dial call favorite contact
    • Remote camera depan atau belakang (cocok buat yang suka selfie)
  2. Ketika menjalankan aplikasi musik seperti Deezer atau Poweramp, maka otomatis akan launch aplikasi remote control musik di Pebble yaitu Music Boss.

  3. Bypass password atau pin ketika pebble sedang tersambung ke handphone, jadi ketika menyalakan handphone maka langsung muncul home screen atau aplikasi terakhir yg dibuka. Dan ketika Pebble jauh dari jangkauan atau terputus dari bluetooth, maka otomatis harus input password/pin. Alternatifnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang bernama Pebble Locker untuk bypass password ketika handhone tersambung dengan Pebble.

  4. Setiap 1 jam dari jam 9 sampai jam 7 (jam kantor biasa), pebble memberikan notifikasi pengingat untuk minum air putih.

  5. Setiap 1 jam dari jam 1 sampai jam 3 pebble memberikan notifikasi pengingat salat zuhur, sedangkan setiap 1 jam dari jam 3.30 sampai jam 5.30 memberikan notifikasi pengingat salat ashar

IFTTT (If this then that)

Jika aplikasi Tasker hanya berjalan di lokal, IFTTT adalah aplikasi yang melakukan automation untuk segala aktifitas kita di cloud atau internet. IFTTT support Android dan iOS. Berikut beberapa profile yang saya buat,

  1. Save favorite di twitter ke pocket, aplikasi untuk menyimpan berita-berita yang akan dibaca dan offline. Berguna ketika melihat ada link menarik di twitter yang mau kita baca belakangan.
  2. Save link dari semua tweet kita ke pocket, berguna untuk menyimpan semua link yang kita share di twitter. Suatu ketika kita butuh link tersebut dapat dengan mudah dicari lewat aplikasi pocket daripada harus browse dari sekian banyak tweet.
  3. Notifikasi jika ada berita baru dari website tertentu, saya suka membaca review gadget baru dari the verge, jadi saya set RSS The verge khusus untuk review sehingga ketika ada post baru maka akan dikirimkan notifikasi ke saya dan sekaligus menyimpan berita tsb ke aplikasi pocket

Demikian beberapa profile yang saya gunakan di Tasker untuk membuat hal-hal yang biasa dilakukan di handphone menjadi lebih praktis. Learning curve di awal untuk memahami penggunaan tasker memang cukup tinggi, tapi setelah terbiasa kamu bisa melakukan apapun dengan cepat. Untuk memudahkan kamu yang ingin mencoba Tasker, saya akan membuat video tutorial cara menggunakan tasker untuk setiap profile di atas.

Jika kamu punya pertanyaan atau mau share profile yang kamu gunakan di Tasker, silahkan isi pada bagian komentar di bawah. Terima kasih!

3 comments

Leave a Reply