10 Gadget dan Aksesoris Pilihan Terbaik di Tahun 2017

Sepanjang tahun 2017 ada banyak gadget canggih dan inovatif yang dirilis. Di kategori smartphone,  Google Pixel 2, Samsung Galaxy Note 8, dan iPhone X baru saja dirilis dan semuanya memiliki keunggulan utama di sisi kualitas kamera dengan efek bokeh-nya. Di pertengahan tahun DJI merilis DJI Spark, drone yang berukuran sebesar kaleng soda dengan fitur lengkap seperti full-size drone dan bisa dikendalikan hanya dengan tangan. Lalu ada juga smart home speaker dengan teknologi AI, yaitu Alexa dari Amazon, yang bisa mengenali berbagai jenis perintah suara. Dan masih banyak gadget menarik lain yang hadir di tahun 2017. Kali ini saya coba merangkum daftar 10 gadget dan aksesoris pilihan terbaik versi saya di tahun 2017.

1. Nintendo Switch

Belajar dari kesalahan console-console sebelumnya seperti Wii dan Wii U, Nintendo merilis Nintendo Switch yang banyak disebut sebagai gadget paling inovatif tahun 2017. Nintendo Switch mampu menjalankan game berkualitas console dan bisa dimainkan di TV (dock mode) atau dimana saja (handheld mode). Lalu Joycon-nya (stick controller) juga bisa dilepas dari body Switch agar bisa bermain co-op games bersama teman atau keluarga (tabletop mode).

Sebagai ex-PC gamer yang sudah lama tidak aktif bermain karena keterbatasan waktu, Nintendo Switch memberikan experience yang menyenangkan. Saya bisa bermain game berjam-jam di depan TV atau bermain di sela-sela waktu dimana saja, misalnya, sambil nunggu macet di kantor, traveling ke luar kota, bahkan ketika di dalam rumah saya sering memainkan Switch sambil di kasur atau sofa. Hal lain yang saya suka juga adalah kecepatan melanjutkan sesi permainan, jika sudah selesai bermain game, Switch tinggal dimatikan ke mode sleep dan ketika mau dimainkan lagi Switch bisa langsung dimainkan dalam kondisi persis sebelum game dimatikan tidak lebih dari 2 detik!

Koleksi game di Nintendo Switch juga sudah banyak, ada sekitar 200 lebih games mulai dari yang kualitas AAA 3D, 2D sampai games yang bisa dimainkan bersama anak-anak (Co-Op). Berikut ini Top 5 game favorit versi saya,

  • Xenoblade Chronicles 2
  • Super Mario Odyssey
  • Legend of Zelda – Breath of the Wild
  • Shovel Knight – Treasure Trove
  • Steamworld Dig 2

Dan juga berikut ini beberapa game favorit yang bisa dimainkan bersama anak atau teman-teman,

  • Overcooked
  • Rocket league
  • Worms WMD
  • Bomberman
  • ARMS
  • Lego Ninja
  • Super Mario Kart 8
  • FIFA 2018

2. Fujifilm XT20

Saya ingin merekam momen seru bersama anak-anak dan keluarga dengan kualitas gambar yang lebih bagus dari smartphone. Syaratnya kamera harus berukuran kompak, banyak pilihan lensa dan ukuran lensanya juga kecil. Pilihan saya jatuh pada kamera mirrorless Fujifilm XT20. Kamera ini baru rilis tahun 2017 dengan kualitas gambar yang sama dengan versi yang lebih tinggi, Fujifilm XT2, namun dengan harga setengahnya lebih murah karena tidak adanya fitur weather resistance dan body kamera yang lebih kecil. Fujifilm XT20 ini juga termasuk daftar kamera terbaik di tahun 2017 versi National Geographic dan banyak mendapat review positif di situs review fotografi.

Yang saya suka dari kamera ini adalah ukuran kamera dan lensa yang kompak dan kualitas warna Fujifilm yang khas dengan berbagai jenis film simulation yang sangat bagus, jadi foto tidak harus banyak di-edit lagi. Contoh foto-foto koleksi saya bisa diliat di Instagram @dhiku. Bila membeli kamera ini, saya sangat menyarankan mengambil paket lensa kit 18-55mm dan juga membeli lensa tambahan 35mm F2, lensa prime berukuran kecil dengan bokeh yang bagus dan sangat cepat jadi cocok buat merekam momen anak-anak yang lincah atau lowlight. Kalau ada dana tambahan saya juga menyarankan lensa ultra wide 10-24mm F4. Pilihan lain jika mempunyai dana lebih bisa membeli Fujifilm XT 2 atau kalau lebih suka video bisa juga Panasonic GH5.

3. OnePlus 5

Tahun ini saya sempat mencoba smartphone high-end Samsung S8, Note 8 dan OnePlus 5. Smartphone terbaik versi saya adalah OnePlus 5. Beberapa hal yang membuat saya suka adalah,

  • Serba cepat! Buka aplikasi, multitasking, gaming semua terasa sangat responsif, saya sudah pakai lima bulan dan belum berasa lemot sama sekali. Lalu charge-nya ngebut banget! satu jam sudah penuh. Dan respon fingerprint-nya juga sangat cepat.
  • Baterai tahan lama. Dengan kapasitas 3300mah baterai bisa dengan mudah bertahan satu hari penuh denggan penggunaan yang cukup berat, 2 email aktif, social media FB, Instagram, Linkedin, Twitter, messaging BBM, Telegram, WA dan bermain games seperti Clash Royale. Penggunaan dari pagi hari jam 7 sampai 9 malam, baterai masih sisa 20-30% dengan total screen of time sekitar 6 jam.
  • Kustomisasi software. Saya menyukai OS Oxygen yang minim bloatware dan banyak kustomisasi menarik. Favorit saya adalah night mode supaya mata tidak cepet capek dan kustomisasi tombol navigasi, saya set back  button  di kanan lalu pasang shortcut jika home button di tap lama akan menampilkan notification screen, lalu recent button jika di tap lama akan muncul split mode, dan back button jika di tap lama akan sleep screen.
  • Terakhir, harga terjangkau dibanding flagship lain dengan spek yang lebih tinggi, Snapdragon 835, RAM 8GB dan Storage 128GB.

Tahun 2017, semakin banyak smartphone yang meletakkan fingerprint di belakang supaya layar bisa lebih luas dan desain yang lebih keren, namun saya pribadi lebih menyukai lokasi fingerprint di depan karena praktis ketika mau unlock dengan posisi smartphone di atas meja. Satu hal yang saya kurang suka dengan Samsung, selain menempatkan fingerprint di belakang, posisinya juga sulit terjangkau jari karena di sebelah kiri kamera. Ketika saya pakai S8, fingerprint-nya jarang dipakai dan lebih sering pakai pattern code.

Kekurangan One Plus 5 ini adalah barangnya tidak resmi di Indonesia sehingga garansinya tergantung toko yang menjual. Alternatif lain jika membutuhkan garansi resmi dan mau mengeluarkan uang lebih, Samsung Galaxy Note 8 adalah pilihan yang tepat. Buat yang tidak cocok dengan Android, iPhone X tentunya pilihan yang sangat menarik apalagi sekarang sudah dirilis di Indonesia dan bergaransi resmi.

4. Xiaomi Mi Box

Xiaomi Mi Box adalah salah satu gadget home entertainment terbaik yang pernah saya review. Menghabiskan waktu di rumah sambil menonton film dari Netflix, iFlix, HOOQ, Youtube, atau mendengarkan musik dari Spotify dan radio-radio di Indonesia mampu dilakukan oleh Xiaomi Mi Box karena sudah tersedia Google Play Store di dalamnya. Tidak hanya itu, Mi Box juga mendukung screen casting dan juga screen mirroring apa yang ada di layar smartphone. Dengan harga tidak lebih dari satu juta, box ini sudah mendukung 4K dan dilengkapi remote bluetooth serta kabel HDMI. Jika butuh pilihan yang lebih murah dan simple karena tidak mau ada box di sekitar TV, maka kamu bisa membeli chromecast keluaran Google atau third party lain.

5. Macbook 12 (2017)

Banyak yang mengira bahwa Macbook 12 ini hanya bisa buat aktivitas ringan seperti browsing, edit dokumen, dan tidak bisa melakukan tugas berat seperti video editing. Saya sudah pernah mencoba edit video dengan Final Cut Pro X dan berjalan lancar (karena software sudah dioptimize untuk Mac). Ini contoh video yang saya edit ketika berenang bareng dengan keluarga dengan color grading. Notebook ini punya kelebihan baterai yang tahan lama 6-7 jam, ringan, mudah di bawa kemana-mana, layar retina display dan bisa dipasang aksesoris case tanpa terlihat bulky (saya pakai Ozaki Black seperti gambar di atas). Kekurangan utamanya adalah port USB-C nya hanya satu.

Pilihan lain jika membutuhkan spek yang lebih tinggi dan tidak masalah dengan ukuran dan battery life adalah Macbook Pro 13. Atau kalau kamu suka bermain game dan lebih nyaman dengan OS Windows, Mi Notebook Pro bisa jadi pilihan menarik. Notebook ini dibuat oleh Xiaomi dengan desain ala Macbook Pro, spek untuk gaming, dan harga yang relatif murah.

6. USB Hub C-Force

Aksesoris favorit saya tahun ini adalah salah satu project dari Kickstarter, CForce. Awalnya saya beli karena butuh dock buat Nintendo Switch yang lebih kecil dan portable. Ternyata USB Hub merk C-Force ini bisa digunakan untuk banyak hal,

  • Portable dock untuk Nintendo Switch
  • Mirror layar notebook via HDMI sekaligus charge
  • Mirror layar Android (hanya S8 dan Note8)
  • Copy data dari Card reader ke External Storage (Travel Backup)

7. Seagate Backup Plus 4TB

Saya dan istri sering mengambil foto dan video anak-anak, keluarga dari smartphone atau kamera sehingga membutuhkan storage yang besar. Untuk solusi backup, selama ini saya menggunakan Google Drive dengan kapasitas storage 1TB seharga 135rb sebulan. Foto-foto sejak nikahan sampai foto keluarga tiap tahunnya lengkap ada disitu. Yang menarik foto yang ada di Google Drive bisa disambungkan ke Google Photos. Kelebihannya ada di fitur pencarian, saya bisa mencari foto dengan cepat berdasarkan nama folder, waktu, lokasi atau bahkan berdasarkan wajah yang otomatis sudah dideteksi.

Selain di cloud, saya juga membutuhkan harddisk backup physical untuk backup semua dokumen, foto, video, sekaligus untuk berjaga-jaga sebagai secondary backup. Harddisk ini juga bisa sebagai tempat sementara sebelum upload ke cloud. Atau bisa untuk menyimpan menonton film hasil download kemudian di streaming melalui Mi Box. Atau bisa sebagai mobile storage untuk Android. Dan yang paling penting performanya harus cepat dalam hal transfer dan membaca data. Setelah research akhirnya saya memilih Seagate Backup Plus 4TB yang juga merupakan harddisk pilihan terbaik versi Wirecutter. Alternatif lain jika membutuhkan ukuran lebih kecil bisa mengambil Seagate Backup Plus Slim 2TB.

8. Anker PowerCore+ 10050

Anker merupakan merk aksesoris gadget yang terkenal dengan kualitas powerbank-nya yang sangat baik, bahkan review powerbank buatan Anker di Amazon selalu mendapat nilai tinggi yaitu 4.7 dari 10.000 pembeli. Untuk kebutuhan powerbank berbagai gadget, saya memilih Anker PowerCore+ 10050. Alasan utamanya karena ukuran yang kecil dengan kapasitas baterai yang cukup besar dan juga sudah mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0 sehingga bisa charge smartphone seperti Samsung S8 dengan sangat cepat sekitar 1.5 jam. Paket pembelian yang sudah dilengkapi dengan pouch juga menambah daya tarik powerbank Anker ini.

9. Anker PowerPort+5 USB-C

Dengan banyaknya gadget, saya malas kalau harus bawa berbagai jenis adaptor ketika traveling. Di rumah juga jadi berantakan dengan banyaknya adaptor buat berbagai jenis gadget yang harus dicharge. Anker juga mempunyai produk adaptor dengan 5 port, 4 USB dan 1 USB C yaitu Anker PowerPort+5. Saya bisa charge Macbook lebih cepat melalui port USB-C, dan gadget lainnya seperti Nintendo Switch, smartphone, powerbank, dan modem sekaligus.

10. Mifi Huawei E5673

Saya membutuhkan koneksi internet ketika sedang traveling atau hanya sekedar alternatif selain koneksi broadband yang sudah dipasang di rumah jika koneksinya sedang bermasalah. Untuk hal ini saya memilih Mifi Huawei E5673 yang dibundling oleh Smartfren. Selama ini saya cukup puas menggunakan Smartfren karena kecepatannya cukup stabil, cepat dan cara pengisian pulsanya juga sangat mudah. Kelebihan utama dari modem ini adalah sudah unlock version, jadi sebagai backup saya juga punya kartu Telkomsel walaupun harga paket datanya lebih mahal. Selain itu modem ini juga bisa berfungsi sebagai Wifi Extender untuk memperluas jangkauan Wifi.

Wishlist: Anki Cozmo

NewImage

Apa lagi gadget yang masih menjadi wishlist di tahun ini? Saya masih penasaran dengan Anki Cozmo, robot peliharaan yang terinspirasi karakter animasi Pixar dengan teknologi AI yang bisa punya personality dan mengenali wajah pemiliknya. Robot ini juga pas kalau mau mengajarkan robotik ke anak-anak. Review lengkapnya bisa dilihat disini.

Demikian gadget dan aksesoris terbaik versi saya di tahun 2017. Punya saran lain? atau pertanyaan? silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Leave a Reply